Suku Bajo Pengembara Laut

rumah perahu
Di pulau Sulawesi terdapat komunitas masyarakat adat Bajo yang bermukim di atas perahu, biasa disebut Seanomade. Dulu, mereka sepenuhnya hidup di atas perahu dan hanya sesekali singgah di pulau untuk mendapatkan air bersih dan menjual ikan. Sepuluh tahun terakhir, manusia perahu sudah dimukimkan ke daratan. Belakangan, beberapa nelayan di Kolaka dan Bombana melihat kembali kehadiran suku Bajo Seanomade.

Keberadaan suku Bajo Seanomade ini, dikatakan berada di desa Dongkala di sebelah selatan pulau Kabaena. Di desa Kaudani, terdapat pemukiman orang Bajo yang sudah bermukim di daratan, mereka dahulunya adalah suku Bajo Seanomade. Mereka menempati bangunan yang didirikan oleh pemerintah setempat.

Terdapat suatu komunitas suku Bajo yang tinggal dan hidup di atas perahu di daerah Dongkala yang disebut sebagai orang Bajo kelompok Papongka, mereka bisa berminggu-minggu hidup di atas perahu di tengah laut. Selain Kelompok Papongka, masih ada 3 kelompok lainnya masing-masing suku Bajo kelompok Lilibu, kelompok Sakai dan kelompok Lame. Ke-4 kelompok suku Bajo ini dibedakan karena kebiasaan mereka melaut, masing-masing berbeda.

Masing kelompok suku Bajo, adalah:
  • Bajo Lilibu adalah suku Bajo yang bermukim di daratan dan biasanya berada di laut hanya satu atau dua hari.
  • Bajo Papongka juga bermukim di daratan, namun mereka bisa berada di laut untuk mencari ikan selama sepekan hingga dua pekan.
  • Bajo Sakai bisa bertahan sebulan hingga dua bulan di laut dengan kawasan kerja ke provinsi lain.
  • Bajo Lame yang bisa berbulan-bulan di laut untuk mencari ikan.
  • Bajo Seanomade, menjelajah di laut, sulit diketahui keberadaannya, karena tidak menetap pada suatu wilayah.

Cerita tentang suku Bajo sebagai manusia perahu, sampai kini masih ada yang bermukim di atas perahu. Mereka enggan ke darat. Khusus suku Bajo Seanomade membawa seluruh anggota keluarga mereka untuk hidup dan melaksanakan seluruh kegiatan di atas perahu. Tempat mereka berteduh hanyalah atap rumbia di atas perahu yang disebut Soppe.

diolah dari beberapa sumber

1 comments:

  1. Dengan hanya minimal deposit 50.000 IDR sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran di berikan GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Noted : Menangkan Samsung Note 8 64GB BNIB dan Iphone X 256 GB BNIB Hanya Dengan Bermain Poker Di AnAPoker

    Hubungi Kami Sekarang Juga !!!!
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0877-8922-1725

    Ayo tunggu apalagi !!!!!! ..

    ReplyDelete