Sejarah Proto Filipina (Manusia Pertama Filipina)

source
Robert Oliver mengatakan spesies yang paling canggih, yaitu Homo sapiens (manusia modern), telah berevolusi sejak 120.000 tahun yang lalu. Ada bukti dari pertumbuhan penduduk yang cepat di seluruh dunia. Jadi bagaimana Homo sapiens menyebar? Secara umum diterima bahwa cikal bakal Homo sapiens, adalah Homo erectus, meninggalkan Africa sekitar 1,5 juta tahun yang lalu untuk mengisi bagian-bagian lain dunia, ada dua teori utama tentang penyebaran Homo sapiens.

Teori pertama, yang dikenal sebagai model 'Out of Africa', adalah bahwa Homo sapiens pertama berkembang di Africa dan kemudian menyebar ke seluruh dunia antara 100.000 dan 200.000 tahun yang lalu, menggantikan spesies Hominid allother. Implikasi dari argumen ini adalah bahwa semua orang modern keturunan Afrika ultimatelyof.

Teori lainnya, yang dikenal sebagai model 'multi-regional', adalah bahwa Homo sapiens evolved simultaneously di berbagai belahan dunia dari Homo erectus pemukim asli. Orang di China turun dari populasi Homo erectus di sana, sementara Australia turun dari populasi Homo erectus di South Asia. Teori Timur memperkuat dengan mengutip bukti DNA. Analisis genetic blueprint yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam migrasi manusia.

Kisah manusia mulai 160.000-120.000 tahun yang lalu ketika species Hominin disebut Homo sapiens hidup dan menjelajahi Afrika selama ribuan tahun. Dengan kemampuan mental yang dikombinasikan tubuh berdiri tegak, telah memungkinkan manusia menggunakan berbagai alat daripada spesies lainnya. Pada 90.000 hingga 85.000 tahun yang lalu manusia mulai eksodus pertama ke arah timur menyeberangi Laut Merah.

Berkeliaran di sepanjang pantai selatan Jazirah Arab mereka menyusuri pantai dan melakukan perjalanan jauh di seberang pantai Samudera Hindia menuju Indonesia yang saat itu terhubung oleh daratan. Antara 30.000 dan 50.000 SM bumi telah mengalami perubahan bentuk permukaan. Pada periode ini manusia purba dari Asia Tengah bergerak ke Eropa Timur, sementara yang lain membuat jalan mereka untuk tanah jembatan Bering terletak di antara Alaska dan Siberia, kemudian menuju Amerika Utara mencapai jam Palaeolithic memutar ke arah 20.000 SM.  Bumi mulai menerima minimal panas matahari di belahan bumi utara selama musim panas. Cuaca menjadi dingin dan cuaca hangat berhenti. Selubung es mulai maju dari utara mulai turun di 130 meter (430 ft). Singkatnya, seluruh dunia telah memasuki Zaman Es.

Para ilmuwan percaya bahwa selama periode antara 30.000 SM ke 20.000 SM. Sisa-sisa kelompok Homo Sapiens yang meninggalkan Afrika 85.000 tahun yang lalu yang masih terisolasi di Semenanjung Malaya menyeberangi jembatan tanah dari Kalimantan dan pindah ke pedalaman Filipina. Aetas seperti yang kita sebut mereka telah menjadi sangat nomaden karena ketegangan andeconomic sosial. Pada budaya dan cara hidup yang sebelumnya tetap tidak berubah. Perkembangan pertama di seluruh dunia memulai peradaban, agama pun berdiri, saling menjajah negeri-negeri jauh, perang, pandemik menyebar dan tanda kiri genetik Beberapa antropolog berhipotesis bahwa kehadiran manusia di Filipina sekitar 250.000 SM pada awal Zaman Es (Pleistocene) atau Periode Tengah. Mereka datang dengan cara melewati jembatan tanah yang menghubungkan kepulauan Asia Tenggara dengan Asia. Ini diduga adalah species Hominin yang masih sepupu dari "Manusia Peking", "Javaman", dan laki-laki awal lainnya di Asia. Profesor H. Otley Beyer, otoritas eminent American pada arkeologi dan antropologi Filipina, menjulukinya sebagai "Dawn Man", karena ia muncul di Filipina pada waktu menjelang pagi. Berotot dan berambut tebal. "DawnMan", tidak punya pengetahuan tentang pertanian. Dia tinggal dengan cara mengumpulkan tanaman liar yang dapat dimakan, memancing dan berburu. Ini adalah kemungkinan bahwa ia mencapai Filipina saat berburu. Pada saat itu babi hutan, rusa, gajah raksasa dan kerdil, badak, dan hewan lainnya pada masa Pleistosen berkeliaran di wilayah ini.

Temuan arkeologi terbaru menunjukkan tempat tinggal manusia Filipina awal adalah ditemukan 300 km sebelah utara Manila, menunjukkan keberadaan manusia sekitar 67.000 tahun yang lalu. Menemukan fragmen tulang milik genus Homo. Hal ini masih belum jelas pada saat ini apakah penemuan ini adalah Homo habilis, atau Homo Erectus atau sesuatu yang lain. Ada kemungkinan bahwa ini penemuan dari Asia daratan ketika Filipina masih terhubung dengan jembatan tanah dengan Cina daratan. The Cave Man Callao mendahului Manusia Tabon pada 42.000 tahun dan sebagai bukti eksistensi manusia di Asia Tenggara saat ini.

sumber lain dan foto:

0 comments:

Post a Comment